RSS

Senin, 15 Desember 2014

Pengembangan Kurikulum 2013



Pengembangan kurikulum 2013 merupakan langkah lanjutan pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) yang telah dirintis pada tahun 2004 dan kurikulum berbasis delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP) tahun 2006 yang mencakup kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara terpadu.
Perubahan Pembelajaran pada Kurikulum 2013
1. Pembelajaran diarahkan untuk mendorong peserta didik mencari tahu dari berbagai sumber yang tersedia di mana saja dan kapan saja melalui mengamati dan bukan diberi tahu.
2. Pembelajaran diarahkan untuk mampu merumuskan masalah dengan melatih kemampuan bertanya, bukan hanya menyelesaikan masalah dengan menjawab melalui bantuan mesin (komputer) yang dapat menyajikan dan memproses data dengan cepat.
3. Pembelajaran diarahkan untuk memotivasi peserta didik dan melatih berfikir analitis (mengambil keputusan) bukan berfikir mekanis (rutin) yang dapat dilakukan oleh mesin yang terprogram
4. Pembelajaran menekankan pentingnya kerjasama dan kolaborasi dalam menyelesaikan masalah sehingga dapat mengkomunikasikan informasi yang dihasilkan baik cara perolehan dan kegunaan informasi tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .