RSS

Senin, 15 Desember 2014

Contoh Pengembangan Bahan Berdasarkan K13


          Salah satu tema pada kelas 4 yaitu Berbagai Pekerjaan. Dalam tema ini peserta didik akan belajar tentang macam-macam pekerjaan dan mengapa seseorang harus bekerja. Pemahaman berbagai hal tentang pekerjaan seperti barang dan jasa yang dihasilkan, nilai–nilai yang harus dimiliki, serta hubungan pekerjaan dan pemanfaatan sumber daya alam secara tepat. Hal ini akan membantu peserta didik mengerti akan pentingnya pekerjaan yang dilakukan orang tua dan mengajarkan kami untuk selalu menghargai setiap pekerjaan, selalu berusaha, bekerja keras, dan peduli lingkungan.Tema ini terbagi dalam tiga subtema, yaitu jenis-jenis pekerjaan, Barang dan Jasa, dan Pekerjaan Orang Tuaku. Kita akan
Pemetaan Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada subtema 1 jenis-jenis pekerjaan

Kompetensi Inti
1. Menerima, menghargai, dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya .
2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, tetangga, dan guru.
3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, logis, dan sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

Kompetensi Dasar
IPA
1.1 Bertambah keimanannya dengan menyadari hubungan keteraturan dan kompleksitas alam dan jagad raya terhadap kebesaran Tuhan yang menciptakannya, serta mewujudkannya dalam pengamalan ajaran agama yang dianutnya
2.1 Menunjukkan perilaku ilmiah (memiliki rasa ingin tahu; objektif; jujur; teliti; cermat; tekun; hatihati; bertanggung jawab; terbuka; dan peduli lingkungan) dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan inkuiri ilmiah dan berdiskusi
3.7 Mendeskrisikan hubungan antara sumber daya alam dengan lingkungan, teknologi, dan masyarakat
4.7 Menyajikan laporan hasil pengamatan tentang teknologi yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari serta kemudahan yang diperoleh oleh masyarakat dengan memanfaatkan teknologi tersebut

PPKn
1.2 Menghargai kebersamaan dalam keberagaman sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat sekitar
2.3 Menunjukkan perilaku sesuai dengan hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah sek
3.2 Memahami hak dan kewajiban sebagai warga dalam kehidupan sehari-hari di rumah, sekolah, dan masyarakat.
4.2 Melaksanakan kewajiban sebagai warga di lingkungan rumah, sekolah, dan masyarakat

SBdP
1.1 Mengagumi ciri khas keindahan karya seni dan karya kreatif masing-masing daerah sebagai anugerah Tuhan
2.2 Menunjukkan rasa ingin tahu dalam mengamati alam di lingkungan sekitar untuk mendapatkan ide dalam berkarya seni
3.2 Mengenal gambar alam benda dan kolase
4.1 Menggambar alam berdasarkan pengamatan keindahan alam

Bahasa Indonesia
1.2 Mengakui dan mensyukuri anugerah Tuhan yang Maha Esa atas keberadaan lingkungan dan sumber daya alam, alat teknologi modern dan tradisional, perkembangan teknologi, sosial, serta permasalahan sosial
2.4 Memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan sumber daya alam melalui pemanfaatan bahasa Indonesia
3.3 Menggali informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
3.4 Menggali informasi dari teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.3 Mengolah dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
4.4 Menyajikan teks cerita petualangan tentang lingkungan dan sumber daya alam secara mandiri dalam teks bahasa Indonesia lisan dan tulis dengan memilih dan memilah kosakata baku
PJOK
1.1 Menghargai tubuh dengan seluruh perangkat gerak dan kemampuannya sebagai anugerah Tuhan yang tidak ternilai
1.2 Tumbuhnya kesadaran bahwa tubuh harus dipelihara dan dibina, sebagai wujud syukur kepada Sang Pencipta
2.1 Menunjukkan disiplin, kerja sama, toleransi, belajar menerima kekalahan dan kemenangan, sportif dan tanggung jawab, serta menghargai perbedaan
2.2 Menunjukkan perilaku santun kepada teman, guru dan lingkungan sekolah selama pembelajaran penjas
3.2 Memahami pengaruh aktivitas fisik dan istirahat terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh.
4.2 Mempraktikkan variasi dan kombinasi pola gerak dasar lokomotor, nonlokomotor, dan manipulatif dalam permainan bola kecil yang dilandasi konsep gerak dalam berbagai permainan dan atau olahraga tradisional bola kecil

IPS
1.2 Menjalankan ajaran agama dalam berpikir dan berperilaku sebagai penduduk Indonesia dengan mempertimbangkan kelembagaan sosial, budaya, ekonomi, dan politik dalam masyarakat
1.3 Menerima karunia Tuhan YME yang telah menciptakan manusia dan lingkungannya
2.3 Menunjukkan perilaku santun, toleran dan peduli dalam melakukan interaksi sosial dengan lingkungan dan teman sebaya
3.1 Mengenal manusia, aspek keruangan, konektivitas antar ruang, perubahan dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan
3.3 Memahami manusia dalam hubungannya dengan kondisi geografis di sekitarnya.
3.5 Memahami manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi.
4.1 Menceriterakan tentang hasil bacaan mengenai pengertian ruang, konektivitas antarruang, perubahan, dan keberlanjutan dalam waktu, sosial, ekonomi, dan pendidikan dalam lingkup masyarakat di sekitarnya
4.3 Menceritakan manusia dalam hubungannya dengan lingkungan geografis tempat tinggalnya
4.5 Menceritakan manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan ekonomi

Matematika
2.6 Menunjukkan perilaku peduli dengan cara memanfaatkan barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah sekolah atau tempat bermain untuk membuat benda-benda berbentuk kubus dan balok bangun berdasarkan jaring-jaring bangun ruang yang ditemukan
3.9 Memahami luas segitiga, persegi panjang, dan persegi
3.10 Menentukan hubungan antara satuan dan atribut pengukuran termasuk luas dan keliling persegi panjang
4.10 Mengembangkan, dan membuat berbagai pola numerik dan geometris

  Ada beberapa pekerjaan yang sangat berhubungan dengan tempat mereka berada, seperti pemetik teh yang tinggal di pegunungan yang disebut sebagai dataran tinggi dan nelayan di pantai yang tinggal di dataran rendah. kenampakan wilayah permukaan bumi itu terdiri atas dataran rendah, dataran tinggi, dan perairan, yang kemudian memengaruhi jenis-jenis pekerjaan yang ada di masyarakat tersebut.
Setiap orang bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jenis-jenis pekerjaan dapat dibedakan berdasarkan hasil dari pekerjaannya, yaitu barang dan jasa. Pekerjaan yang menghasilkan barang, dapat dipakai untuk memenuhi kebutuhan hidup, seperti makanan minuman dan perabot rumah tangga, dan lain-lain.
Perhatikan contoh dan jenis-jenis pekerjaan serta
hasilnya dibawah ini!
·         Petani menghasilkan padi,jagung,dll.
·         Pengrajin menghasilkan meja, kursi dan kerajinan lain-lain.
·         Peternak menghasilkan telur,daging,dan susu.

Pekerjaan yang menghasilkan jasa, jasa yang dibutuhkan  oleh masyarakat. Kita membutuhkan  pendidikan,layanan kesehatan, layanan transportasi, dan lain-lain. Dokter merupakan pekerjaan yang menghasilkan jasa dalam bidang kesehatan.
Perhatikan contoh jenis pekerjaan serta jasanya berikut ini :
1. Dokter  berjasa dalam kesehatan. 
2. Guru berjasa dalam pendidikan. 
3. Sopir berjasa dalam layanan transportasi.


Orang Sakit dan Petugas Pemadam Kebakaran
Pernah ada sebuah rumah yang mulai terbakar, di mana salah seorang penghuni rumah tersebut adalah orang yang terbaring sakit dan tak bisa bergerak.
Saat itu, masuklah seorang petugas pemadam kebakaran untuk menyelamatkannya, tetapi si Orang Sakit berkata:
"Tidak usah pedulikan saya," kata si Orang Sakit, "Selamatkanlah orang yang sehat terlebih dahulu."
"Bisakah engkau memberi tahu saya alasan anda berkata begitu?" tanya si Pemadam Kebakaran.
"Saya merasa ini adalah pilihan yang paling baik dan adil," kata si Orang Sakit. "Yang kuat harus didahulukan karena mereka bisa menyumbangkan tenaganya dan memberikan jasanya lebih banyak dibandingkan orang yang lemah dan sakit-sakitan."
Si Pemadam Kebakaran merenung beberapa saat, lalu berkata "Saya bisa saja mengabulkan permintaan kamu tadi, tapi coba anda jelaskan, tugas dan jasa-jasa apa saja yang bisa diberikan oleh orang yang sehat dan kuat?"
"Tugas orang yang lebih kuat adalah membantu orang yang lemah."
Si Pemadam Kebakaran kembali merenung sebentar, lalu berkata kembali, "Saya mengerti bahwa kamu berada dalam kondisi kurang sehat, tapi saya tidak mengerti mengapa engkau begitu bodoh." Lalu si Pemadam Kebakaran pun mengangkat si Orang Sakit dari tempat tidurnya dan menyelamatkannya keluar dari rumah yang terbakar.
          Berbagai jenis pekerjaan saling membutuhkan satu sama lain. Perhatikan gambar proses bagaimana daun teh diproduksi dan bisa sampai ke desa dan kota
 



 



        























Tanaman teh merupakan tumbuhan berdaun hijau yang termasuk dalam keluarga Tumbuhan Camellia yang berasal dari Cina, Tibet dan India bagian Utara. Tanaman teh terutama tumbuh di daerah tropis dan memerlukan curah hujan hingga 1000-1250 mm per tahun, dengan temperatur ideal antara 10 hingga 20 °C. Pohon teh mampu menghasilkan teh yang bagus selama 50 – 70 tahun. Pemetikan dilakukan tergantung pada cuaca; tumbuhan baru dapat dipetik dengan interval 7 – 12 hari selama musim pertumbuhan. Pemanenan teh membutuhkan banyak tenaga dan tenaga kerja intesif . Teh yang benar-benar baik umumnya berasal dari pucuk daun atau daun teh muda yang belum mekar. Untuk menghasilkan 1 pound (0,45 kg) teh berkualitas paling baik, diperlukan lebih dari 80.000 petikan.
         

Pemetik teh, belajar mengenali dengan tepat pucuk daun mana yang harus dipetik. Hal ini penting, untuk memastikan kelunakan daun yang dipetik menghasilkan teh yang terbaik. Setelah pemetikan, daun teh dibawa ke pabrik untuk diproses lebih lanjut. Lokasi perkebunan teh pada umumnya berdekatan dengan pabriknya. Daun teh segar yang telah dipetik harus melalui tahap pelayuan. Pada tahap ini, daun teh dilayukan dengan melakukan pemanasan agar kadar air yang terkandung berkurang 65-70 persen. Pemanasan dilakukan dengan mengalirkan udara panas (bisa juga dijemur). Hal ini dilakukan agar daun teh dapat digiling dengan baik. Selanjutnya, daun teh yang telah dilayukan masuk pada tahap penggilingan. Pada tahap ini, daun teh digiling untuk memecah sel-sel daun. Pemecahan daun teh disesuaikan dengan kebutuhan atau permintaan pasar. Daun teh ada yang digiling kasar dan ada yang digiling sampai menjadi serbuk. Selanjutnya, daun teh yang telah dilayukan masuk pada tahap penggilingan. Pada tahap ini, daun teh digiling untuk memecah sel-sel daun. Pemecahan daun teh disesuaikan dengan kebutuhan atau permintaan pasar. Daun teh ada yang digiling kasar dan ada yang digiling sampai menjadi serbuk. Daun teh selanjutnya dikeringkan. Pengeringan daun teh menggunakan mesin agar suhu yang dihasilkan stabil dan menghasilkan kualitas teh yang baik. Daun teh dikeringkan oleh mesin pengering dengan suhu sekitar 49°C kurang lebih selama 20 menit sampai kadar air dalam daun teh mencapai 2-3 persen. Selanjutnya, teh yang telah dikeringkan dikemas. Sebelum dikemas, dilakukan penyortiran teh, agar dapat dikemas sesuai permintaan pasar. Lalu teh diproduksi ke berbagai daerah menggunakan transportasi yang beragam pula.

Contoh Soal
1. Amati gambar berikut ini!
Isilah keterangan tentang masing-masing pekerjaan tersebut!


 
































Menurut kamu, apakah ada hubungan antara pekerjaan dan tempat bekerja? Jelaskan!
2. Perhatikan gambar para pekerja berikut! Berilah keterangan yang menghubungkan para pekerja dengan jenis makanan yang dihasilkan!







3. Perhatikan berbagai jenis pekerjaan di bawah ini!








Apa tugas para pekerja tersebut dan apa yang mereka hasilkan?




Bacalah teks dibawah ini!
Semut dan Belalang
          Di tengah hutan, hiduplah seekor semut yang sangat rajin. Setiap hari semut kecil ini selalu bekerja mengumpulkan makanan dan menyimpannya di dalam lumbung. Teriknya matahari dan derasnya air hujan, tidak menyurutkan semangat Sang Semut untuk mengumpulkan makanan. Dengan bersusah payah, Sang Semut bekerja keras untuk membawa makanan yang dikumpulkan dan disimpan di dalam lumbung rumahnya. Pada suatu hari ketika Sang Semut sedang bekerja, ia bertemu dengan seekor belalang yang sedang asyik berjemur sambil bermalas-malasan.
“Hai Mut, kamu sedang apa?” tanya belalang.
“Aku sedang mengumpulkan makanan untuk persiapan musim dingin,” jawab Semut.
“Ah, buat apa kamu melakukannya sekarang. Musim dingin masih lama, lebih baik kita bermalasmalasan dahulu,” kata belalang lagi. Sang Semut tidak memedulikan belalang itu, dia tetap saja bekerja mengumpulkan makanan yang dijumpainya. Demikianlah sepanjang hari Sang Semut sibuk bekerja sementara Sang Belalang bermalas-malasan. Akhirnya musim dingin pun tiba. Sang Semut yang rajin itu duduk dengan nyaman di dalam rumahnya yang hangat sambil menikmati makanannya yang berlimpah. Belalang termenung sedih di rumahnya, karena ia tidak memiliki makanan sedikit pun. Saat Belalang itu hampir mati kelaparan, Sang Semut datang dan memberinya makanan. Sejak saat itu Sang Belalang akhirnya menjadi rajin bekerja mengumpulkan makanan, seperti SangSemut.
Jawablah pertanyaan berikut berdasarkan bacaan di atas!
1. Di manakah tempat tinggal Sang Semut dan Sang Belalang?
2. Apa yang didapatkan semut setelah bekerja?
3. Untuk apa Sang Semut bekerja?
4. Mengapa Sang Belalang hampir mati kelaparan?
5. Apa yang bisa kamu simpulkan dari cerita di atas?
6. Apakah yang dimaksud dengan pekerjaan? Jelaskan dengan singkat!
7. Mengapa orang harus bekerja? Berikan alasannya!
8. Apakah yang dilakukan oleh semut bisa ditiru? Jelaskan!
9. Apakah yang dilakukan oleh belalang bisa ditiru? Jelaskan!
10. Dari cerita di atas, tokoh yang pantas ditiru adalah ....
11. Bagaimana sikap yang harus dimiliki oleh seorang pekerja untuk menjalankan
kewajibannya dalam pekerjaan?











0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright TUGAS MEDIA PEMBELAJARAN 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .